Yamaha Beri 2 Motor Berbeda dan Umumkan Tim Satelit SIC

Yamaha Beri 2 Motor Berbeda dan Umumkan Tim Satelit SIC

Lin Jarvis, bos dari Yamaha mengabarkan bahwa pada musim depan ( 2019 ) tim satelit SIC akan diberikan motor berbeda dengn spesifikasi A yang biasa nya digunakan oleh tim pabrik Movistar Yamaha. Motor dengan spesifikasi terbaik dari Yamaha ini akan diberikan kepada pembalap unggulan utama nya, Franco Morbidelli.

Yamaha, yang merupakan pabrik asal jepang ini telah mengkonfirmasi bahwa pada musim depan pihak nya tidak lagi berkerja sama dengan Tech 3 sebagai tim satelit. Tech 3 sendiri telah memilih untuk bergabung bersama KTM pada musim depan. Sementara itu, Sepang International Circuit Racing Team ( SIC ) hadir sebagai pengganti Tech 3 dan menjadi tim satelit bagi Yamaha di musim depan.

Jarvis sebelum nya juga telah mengkonfirmasi bahwa dalam laga di musim depan, Fabio Quartararo dan juga Franco Morbidelli akan menjadi dua pembalap SIC untuk berlaga di musim depan. Kedua nya telah dikenalkan ke hadapan publik pada saat sesi perkenalan SIC di Silverstone di acara pokerdewa19. Bukan hanya mengumumkan pembalap saja, namun pihak Yamaha juga mengkonformasi secara langsung bahwa Petronas akan menjadi sponsor utama untuk tim mereka.

Jarvis juga mengungkapkan bahwa pembalap utama musim depan mereka, Morbidelli, akan menggunakan motor yang spesifikasi nya sama seperti milik Valentino Rossi dan juga Maverick Vinales, yaitu YZR M – 1. Motor spesifikasi A ini diberikan kepada Morbidelli karena dianggap memiliki lebih banyak pengalaman dalam kelas MotoGP.

Isu Tim Satelit SIC

Sementara untuk Quartararo, Jarvis mengatakan akan memberikan motor Yamaha dengan spesifikasi yang sama seperti yang digunakan oleh Valentino Rossi dan Vinales di musim 2018 ini. hal ini dikarenakan Quartararo dinilai membutuhkan adaptasi terlebih dahulu sebab ia baru saja naik kelas dari pembalap Moto2 yang saat ini memang sedang naik daun.

Yamaha sendiri menilai selalu memberikan motor yang kompetitif. Ada nya perbedaan pemilihan tersebut dikarenakan pengalaman yang dimiliki oleh Morbidelli lebih besar dibandingkan dengan Quartararo. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan bahwa kedua nya dapat menggunakan spesifikasi yang sama dalam laga selanjut ya jika memang hasil yang diberikan sesuai dengan harapan tim Yamaha.

Dengan memberikan motor spesifikasi A kepada pembalap utama, Yamaha berharap Morbidelli dapat mencapai posisi depan tanpa kesulitan. Melihat kemampuan nya yang tengah diperhitungkan, maka hal ini menjadi target Yamaha kedepan nya. Untuk posisi pelatih, Sepang International Circuit Racing Team ( SIC ) telah menunjuk Wilco Zeelenberg, yang juga merupakan pelatih dari Maverick Vinales, untuk menjadi manager dalam laga musim depan. Selain itu, kepala mekanik dari Maverick Vinales, Ramon Faroda akan menjadi kepala kru untuk Franco Morbidelli.

Sementara untuk posisi kepala mekanik dari Fabio Quartararo akan diisi oleh Diego Gubellini ( mantan kepala mekanik dari Marc VDS ). Sepang International Circuit Racing Team ( SIC ) dan formasi pembalap baru ini diharapkan mampu memberikan hasil terbaik bagi Yamaha dalam laga musim depan.