Penemuan Teknologi Luar Biasa Sepanjang 2018

Penemuan Teknologi Luar Biasa Sepanjang 2018

Kesehatan merupakan salah satu hal yang paling utama dalam kehidupan manusia. Semua orang pasti nya ingin memiliki tubuh yang sehat dan juga berumur panjang. Tetapi pada realitas nya, masih sangat banyak orang yang mudah terserang penyakit, mulai dari anak – anak hingga lanjut usia. Bahkan kian hari semakin banyak jenis – jenis penyakit baru yang bermunculan. Hal ini menyebabkan banyak manusia menderita penyakit yang kian beragam dan sulit menemukan obat bahkan mendeteksi nya.

Namun para peneliti di dalam bidang kesehatan tidak mudah menyerah. Mereka terus melakukan penelitian – penelitian dan berusaha menemukan alternatif pengobatan untuk membantu kesejahteraan manusia. Dengan giat nya penelitian tersebut, maka beberapa penyakit – penyakit baru yang timbul akhir nya memiliki obat. Dibawha ini merupakan beberapa deretan teknologi kesehatan yang berkembang sepanjang 2018 dan sangat bermanfaat bagi manusia :

  • Electronic Skin ( kulit elektronik )

Electronic Skin

Kulit elektronik ini merupakan hasil penemuan dari tim peneliti asal Universitas Tokyo. Tim peneliti tersebut meluncurkan teknologi dengan konsep semi konduktor yang mampu membaca tanda vital dalam tubuh anda. alat ini memiliki bahan dasar plastk tipis yang diletakkan di atas permukaan kulit untuk mengetahui keadaan kulit anda. informasi dari hasil scanning tersebut dapat dikirimkan langsung kepada smartphone anda atau pun langsung dikirim kepada pihak medis.  Layar ini juga dapat membaca detak jantung dalam tubuh anda.

  • Vaksin Kanker

Vaksin Kanker

Tim peneliti dari Universitas Stanford mengeluarkan pengumuman bahwa mereka akan mencoba melakukan terapi dengan jenis baru terhadap para penderita kanker. Sebelum nya tes tersebut dilakukan kepada tikus, namun kini alat tersebut siap diujikan kepada manusia. Tim yang dipimpin oleh Dr. Ronald Levy ( profesor onkologi di Stanford ) ini memberikan terobosan yang sangat luar biasa. Dimana hanya melalui suntikan, maka tubuh sang penderita dapat kehilangan semua jejak sel kanker nya.

  • Brain Implants

Brain Implants

Teknologi ini merupakan teknologi yang mampu meningkatkan daya memori manusia hingga 15 persen. Proyek yang didanai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat ini dipercaya mampu membantu penderita Alzheimer, parkinson, dan juga epilepsi. Alat ini menggunakan stimulasi energi listrik. Walaupun sebelum nya telah ada alat serupa yang diciptakan, namun alat ini dinilai akan lebih potensial dalam kegunaan nya.

  • Mematikan virus dengan sinar UV

sinar UV

Jika selam ini anda berpikiran bahwa menggunakan obat dapat membunuh virus yang mengakibatkan pilek dan batuk, anda salah besar. Virus tersebut hanay akan mati karena kekebalan tubuh manusia itu sendiri. Sementara obat selama ini hanya digunakan sebagai pengurang gejala nya saja. Namun kini sebuah penelitian berhasil menemukan bahwa virus – virus tersebut dapat dibunuh menggunakan sinar UV. Namun sinar UV yang dimaksud adalah FAR UVC ( sinar ultra violet C ). Sifat dari sinar ini dapat dengan efektif mematikan virus tanpa memiliki resiko yang memepengaruhi kondisi kesehatan manusia. Penemuan ini tentu nya dapat menciptakan tren baru dalam hal penghentian penyebaran virus.