MotoGP Silverstone Dibatalkan, Apa Penyebabnya ?

MotoGP Silverstone Dibatalkan, Apa Penyebabnya ?

Beberapa waktu lalu, tepat nya Minggu 26 Agustus 2018, MotoGP seharus nya digelar di sirkuit Silverstone Inggris dibatalkan. Lalu apakah penyebab pembatalan balapan tersebut ?

Jadwal MotoGP Inggris yang semula akan dimulai tepat pada pukul 19.00 WIB mendadak dipercepat jadwal nya menjadi pukul 17.30 WIB. Hal ini desebabkan ada nya kekhawatiran pihak penyelenggara dan juga peserta mengenai kemungkinan terjadi nya cuaca buruk saat balapan berlangsung. Dan memang terbukti, cuaca buruk benar – benar terjadi dan mengganggu rencana race yang telah dipersiapkan sebelum nya.

Setelah mengalami pemunduran jadwal selama beberapa kali, akhir nya Mike Webb, sang race director, memilih untuk membatalkan balapan dengan alasan trek yang telah banyak tergenang air dan juga cuaca buruk yang dapat mengganggu jalan nya balapan. Mike sempat mempertanyakan mengenai genanga yang terjadi pada lintasan. Sejauh ini, balapan di Inggris memang sering terkendala oleh cuaca buruk, namun baru kali ini lintasan tergenang air. Di berbagai kesempatan, balapan memang dapat dilakukan pada kondisi lintasan yang sangat basah sekalipun, namun untuk kondisi lintasan yang tergenang, Mike tidak ingin mengambil resiko yang membahayakan para pembalap.

Kemudian muncul dugaan bahwa lintasan tergenang akibat dari kondisi lintasan Silverstone yang baru saja dilapisi aspal beberapa waktu lalu. Direktur Pengelola Silverstone, Stuart Pringle, mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan untuk memberikan fasilitas lintasan yang lebih baik. ia pun menuturkan akan melakukan penelitian lebih lanjut apakah hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi lintasan terkait kemampuan nya dalam memfasilitasi balapan.

Moto GP Silverstone

Hujan deras yang terus mengguyur sirkuit Silverstone dan mengakibatkan genangan tersebut membuat lintasan dinyatakan tidak aman. Kondisi serupa pernah membuat salah satu pembalap mengalami cedera saat latihan, yaitu Tito Rabat.

Salah satu pembalap MotoGP, Marc Marquez, merupakan pembalap yang berbicara langsung kepada media saat itu. Marquez menyatakan bahwa keselamatan untuk para rider memang hal yang paling diutamakan. Ia juga menuturkan bahwa seluruh keputusan tersebut sepenuh nya diberikan kepada para pembalap melalui rapat komisi keselamatan dan bersama para rider lain untuk melihat situasi apakah race dapat dilaksanakan atau tidak.

Marquez mewakili para rider lain juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Dorna karena masukan yang diberikan langsung didengar dan memberikan sepenuh nya keputusan kepada rider yang akan menjalani pertandingan. Melihat dari pengalaman cedera Rabat, maka mereka mengingikan kondisi yang kondusif saat berada di lintasan agar hal – hal tersebut tidak akan menimpa para rider lain nya.

Hujan yang terjadi memang akhir nya reda. Namun kendala yang dihadapi bukanlah karena hujan, sebab para rider pun pernah melakukan balapan saat turun hujan. Namun yang menjadi masalah adalah adanya genangan air pasca hujan tersebut yang berbahaya bagi jaln nya balapan. Jika balapan tetap berlangsung dan salah satu rider mengalami kecelakaan, itu dapat berakibat fatal bukan hanya kepada rider tersebut, melainkan juga kepada rider – rider lain yang tengah berada di lintasan.