Kini Komputer Dapat Prediksi Wabah Penyakit

Kini Komputer Dapat Prediksi Wabah Penyakit

Di kawasan Yaman, penyakit kolera terus menjadi wabah dan menyebabkan banyak korban jiwa yang didominasi oleh anak – anak. Hal ini disebabkan oleh kondisi sanitasi yang buruk sehingga penyakit tersebut kian mewabah. Penyakit kolera ini sendiri memiliki beberapa gejala, namun tidak semau penderita kolera akan menunjukkan gejala tertentu ketika telah terserang penyakit. Kira – kira hanya sebesar 10 persen saja penderita yang menunjukkan tanda – tanda terinfeksi oleh bakteri kolera. Berikut adalah beberapa gelajar kolera :

  • Diare yang tiba – tiba. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan cairan secara ekstrem dan cepat, hingga mencapai 1 liter tiap jam nya. Beberapa penyakit memiliki gejala serupa, namun biasa nya para penderita kolera akan terlihat pucat.
  • Mual dan muntah. Pada kasus para penderita kolera biasa nya akan merasakan mual dan juga muntah – muntah dalam tahap awal gejala nya selama beberapa jam.
  • Kram di area perut. Terserang kram ini akibat dari hilang nya beberapa vitamin, sodium, pottasium, dan zat – zat lain nya.
  • Ketika telah mengalami beberapa gejala di atas, pada akhir nya penderita akan terkena dehidrasi yang mengakibatkan cairan di tubuh nya hilang drastis.

Untuk mengatasi wabah tersebut, seorang ilmuwan asal Inggris telah berhasil merancang sistem komputer terbaru yang dapat memprediksi wabah penyakit yang muncul. Dengan teknologi ini, angka kasus penyakit kolera dapat menurun drastis yang semula mencapai 50.000 kasus, menjadi 2.500 kasus. Komputer tersebut memanfaatkan data kepadatan penduudk, cuaca, suhu, dan juga akses air bersih untuk melihat dimanakah area yang paling mungkin menjadi tempat kemunculan wabah kolera untuk jangka waktu 1 bulan ke depan.

Kini Komputer Dapat Prediksi Wabah Penyakit

Kolera merupakan infeksi dari bakteri yang memberikan efek dehidrasi yang parah bagi para penderita nya. Penularan wabah kolera ini biasa nya dengan mudah terjadi melalui air – air yang terkontaminasi. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka efek nya akan sangat fatal bagi sang penderita dalam hitungan jam saja. Wabah ini biasa nya berkembang di daerah yang memiliki sanitasi yang kurang memadai, sementara jumlah penduduk nya padat. Jika ditangani dengan cepat dan juga tepat, maka penyakit ini dapat terobati denga cepat dan tidak menyebar.

Teknologi menggunakan komputer ini mampu melacak terlebih dahulu muncul nya wabah kolera di waktu yang akan datang, sehingga langkah pencegahan dapat dilakukan sebelum wabah tersebut menjangkit masyarakat sekitar. Dengan bantuan teknologi ini, maka pihak pemerintah dan petugas kesehatan di lingkungan setempat dapat memberikan fasilitas sebagai langkah pencegahan, seperti alat kebersihan, membagikan tablet klorin, serta melakukan langkah – langkah edukasi yang tepat dan jelas kepada masyarakat.

Dengan demikian wabah tersebut dapat teratasi dan tidak menyebar terlalu luas. Selain itu memperhatikan kebersihan makanan serta minuman menjadi faktor penting yang akan membantu mencegah virus kolera ini menyerang masyarakat. Dengan begitu, jumlah penderita kolera di kawasan Yaman ini akan mampu dikurangi bahkan menjadi tidak ada sama sekali.