Artificial Intelligence Kian Marak, Regulasi Harus Tegas

Artificial Intelligence Kian Marak, Regulasi Harus Tegas

Artificial Intelligence ( AI ) memang tengah gencar – gencar nya dikembangkan di seluruh dunia. Artificial Intelligence ( AI ) ini dinilai sebagai salah satu alternatif dalam membantu kegiatan dan kebutuhan manusia sehari – hari. Namun ternyata dalam perkembangan nya ini juga dapat menimbulkan bahaya bagi kehidupan manusia. Sebagai contoh,  Artificial Intellegence ( AI ) yang baru – baru ini mengalami kegagalan adalah teknologi dari mobil otonom milik Tesla Model S. Mobil otonom tersebut mengalami kecelakaan sesaat setelah mode auto pilot yang ada di mobil tersebut diaktifkan. Kecelakaan ini terjadi di kawasan Amerika Serikat.

Disampaikan oleh Joe So, CTO of Huawei Industry Solution dalam acara Huawei Innovation Day 2018 di Bangkok, regulasi baru yang tepat dan tegas sangat diperlukan untuk mengatur pertanggung jawaban atas peristiwa yang terjadi selama proses pelaksaan percobaan teknologi. Artificial Intelligence ( AI ) atau kecerdasan buatan ini membutuhkan peraturan baru, regulasi yang tepat, untuk melihat pihak mana saja yang harus bertanggung jawab jika sewaktu – waktu terjadi insiden yang tidak diinginkan. Ia juga mengatakan bahwa riset yang dalam perlu dilakukan sebab Artificial Intellegence dapat memicu bahaya dalam berbagai bidang ke depannya.

Low John, konsultan dari Roland Berger Strategy Consultants juga menyatakan bahwa keamanan dalam penggunaan Artificial Intelligence ( AI ) haruslah diregulasikan agar pengguna dapat memahami nya. Kontrol dalam penggunaan Artificial Intelligence ( AI ) juga merupakan komponen yang penting agar kedepan nya kehidupan manusia tidak tergantung oleh kecerdasan buatan dan berbalik dikendalikan oleh Artificial Intellegence ( AI ) itu sendiri. Namun Artificial Intelligence ( AI ) ini juga memiliki sisi positif, khusus nya dalam segi bisnis. Dalam bisnis, teknologi ini dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi dalam hal pelayanan pelanggan.

Artificial Intelligence

Dalam hal ini Huawei juga menyampaikan penting nya inovasi global serta kemitraan terbuka kepada audience yang hadir. Mulai dari akademisi, pejabat, hingga pelaku industri turut berkumpul dalam acara tersebut. Selain itu, ekosistem diniai sangat penting dalam mengembangkan lingkungan digital yang lebih baik. Dalam forum tersebut, diharapkan semua pihak dapat turut membantu dalam proses pengembangan teknologi inovasi, dan juga turut berperan aktif dalam pembentukan regulasi yang tepat agar pengembangan Artificial Intelligence ( AI ) ini tidak menjadi bumerang bagi manusia dan juga dunia teknologi kedepan nya.

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence ( AI ) memang sangat perlu dikembangkan, kaitan nya sebagai penunjang kegiatan manusia. Namun dalam proses nya harus disertai pengawasan dan juga dilegkapi dengan hukum yang jelas agar tidak menjadi polemik. Pemerintah juga diharapkan tidk kalah oleh para pelaku pengembangan industri teknologi. Diharapkan pemerintah dapat turut mengambil peran aktif dan menjadi garda terdepan untuk menjaga stabilitas perkembangan teknologi agar lebih kondusif kedepan nya sehingga dunia yang cerdas akan terhubung dan tidak ada lagi kesalahan – kesalahan fatal dalam pengembanagn teknologi yang dapat membahayakan manusia.